A. Pengertian Bahan Ajar
Bahan ajar adalah seperangkat
materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga
tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar. Selain itu bahan ajardapat diartikan sebagai segala
bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/ instruktur dalam melaksanakan
kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun
bahan tidak tertulis. (National Center for Vocational
Education Research Ltd/National Center for Competency Based Training).
B. Jenis Bahan Ajar
· Lembar informasi (information sheet)
· Operation sheet
· Jobsheet
· Worksheet
· Handout
· Modul
C. Bentuk Bahan Ajar
· Bahan cetak seperti: hand out, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur,
leaflet,wallchart,
· Audio Visual seperti: video/film,VCD
· Audio seperti: radio, kaset, CD audio, PH
· Visual: foto, gambar,
model/maket.
· Multi Media: CD interaktif, computer Based, Internet
D. Cakupan Bahan Ajar
· Judul, Mata Pelajaran, Standar
Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, Tempat
· Petunjuk belajar (Petunjuk
siswa/guru)
· Tujuan yang akan dicapai
· Informasi pendukung
· Latihan-latihan
· Petunjuk kerja
· Penilaian
F. Pengertian Lembar Kegiatan
Siswa
Lembar kegiatan siswa (student work sheet)
adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa. Lembar
kegiatan berisi petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas.
Tugas-tugas yang yang diberikan kepada siswa dapat berupa teori dan atau
praktik.
G. Langkah-langkah penulisan Lembar
Kerja Siswa
1. Melakukan analisis kurikulum; Standar Kompetensi,
Kompetensi Dasar, indikator dan materi pembelajaran.
2. Menyusun peta kebutuhan Lembar Kerja Siswa
3. Menentukan judul Lembar Kerja Sisiwa
4. Menulis Lembar Kerja Siswa
5. Menentukan alat penilaian
H. Struktur Lembar Kerja Siswa
secara umum
· Judul, mata pelajaran, semester,
tempat
· Petunjuk belajar
· Kompetensi yang akan dicapai
· Indikator
· Informasi pendukung
· Tugas-tugas dan langkah-langkah
kerja
· Penilaian
I. Perbedaan Bahan Ajar dengan Buku Teks
Bahan ajar merupakan bahan atau materi
pembelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam
KBM. Sedangkan Buku teks merupakan sumber informasi yang disusun dengan struktur
dan urutan berdasar bidang ilmu tertentu.
Bahan Ajar :
Menimbulkan minat baca
Ditulis dan dirancang untuk siswa
Menjelaskan tujuan instruksional
Disusun berdasarkan pola belajar
yang fleksibel
Struktur berdasarkan kebutuhan
siswa dan kompetensi akhir yang akan dicapai.
Memberi kesempatan pada siswa
untuk berlatih
Mengakomodasi kesulitan siswa
Memberikan rangkuman
Gaya penulisan komunikatif dan
semi formal
Kepadatan berdasar kebutuhan
siswa
Dikemas untuk proses
instruksional
Mempunyai mekanisme untuk
mengumpulkan umpan balik dari siswa
Menjelaskan cara mempelajari
bahan ajar.
Buku
Teks :
Mengasumsikan minat dari pembaca
Ditulis untuk pembaca (guru, dosen)
Dirancang untuk dipasarkan secara luas
Belum tentu menjelaskan tujuan instruksional
Disusun secara linear
Stuktur berdasar logika bidang ilmu
Belum tentu memberikan latihan
Tidak mengantisipasi kesukaran belajar siswa
Belum tentu memberikan rangkuman
Gaya penulisan naratif tetapi tidak komunikatif
Sangat padat
Tidak memilki mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik
dari pembaca.
MODUL
A. Pengertian Modul
Modul merupakan alat atau sarana pembelajaran
yang berisi materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang
dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang
diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya. Modul adalah
bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup isi materi,
metoda, dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri. Kebahasaannya dibuat
sederhana sesuai dengan level berfikir anak SMK atau input SMK. Digunakan
secara mandiri, belajar sesuai dengan kecepatan masing-masing individu secara
efektif dan efesien. Memiliki karakteristik stand aloneyaitu modul
dikembangkan tidak tergantung pada media lain. Bersahabat dengan user atau
pemakai, membantu kemudahan pemakai untuk direspon atau diakses.
B. Tujuan Penulisan Modul
1. Memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak
terlalu bersifat verbal.
2. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera,
baik siswa atau peserta diklat maupun guru/instruktur.
3. Dapat digunakan secara tepat dan bervariasi, seperti :
Ø Meningkatkan motivasi dan gairah belajar bagi siswa
atau peserta diklat;
Ø Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam
berinteraksi langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya,
Ø memungkinkan siswa atau peserta diklat belajar mandiri
sesuai kemampuan dan minatnya.
Ø Memungkinkan siswa atau peserta diklat dapat mengukur
atau mengevaluasi sendiri hasil belajarnya.
C. Karakteristik Modul
1. Self instructional
Peserta
diklat mampu membelajarkan diri sendiri, tidak tergantung pada pihak lain.
2. Self Contained
Seluruh
materi pembelajaran dari satu unit kompetensi atau sub kompetensi yang
dipelajari terdapat di dalam satu modul secara utuh
3. Stand alone
Modul manual/multimedia
yang dikembangkan tidak tergantung pada media lain atau tidak harus digunakan bersama-sama
dengan media lain
4. Adaptif
Modul hendaknya
memiliki daya adaptif yang tinggi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi
5. User friendly
Modul hendaknya
juga memenuhi kaidah bersahabat/akrab dengan pemakainya
6. Konsistensi
Dalam
penggunaan :
Ø FONT
Ø SPASI
Ø TATA LETAK (LAYOUT)
7. Format
Ø Format kolom tunggal atau multi
Ø Format kertas vertikal atau horisontal
Ø Icon yang mudah ditangkap
D. Kerangka Modul
1. Halaman Sampul
2. Halaman Francis
3. Kata Pengantar
4. Daftar Isi
5. Peta Kedudukan Modul
6. Glosarium
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking