Woensdag 01 Mei 2013

BAHAN AJAR


A.    Pengertian Bahan Ajar
Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar. Selain itu bahan ajardapat diartikan sebagai segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/ instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. (National Center for Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency Based Training).
B.     Jenis Bahan Ajar
·         Lembar informasi (information sheet)
·         Operation sheet
·         Jobsheet
·         Worksheet
·         Handout
·         Modul

C.    Bentuk Bahan Ajar
·         Bahan cetak sepertihand out, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet,wallchart,
·         Audio Visual seperti: video/film,VCD
·         Audio seperti: radio, kaset, CD audio, PH
·         Visual: foto, gambar, model/maket.
·         Multi Media: CD interaktif, computer Based, Internet
D.    Cakupan Bahan Ajar
·         Judul, Mata Pelajaran, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, Tempat
·         Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru)
·         Tujuan yang akan dicapai
·         Informasi pendukung
·         Latihan-latihan
·         Petunjuk kerja
·         Penilaian

F.     Pengertian Lembar Kegiatan Siswa
Lembar kegiatan siswa (student work sheet) adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa. Lembar kegiatan berisi petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas. Tugas-tugas yang yang diberikan kepada siswa dapat berupa teori dan atau praktik.
G.    Langkah-langkah penulisan Lembar Kerja Siswa
1.      Melakukan analisis kurikulum; Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, indikator dan materi pembelajaran.
2.      Menyusun peta kebutuhan Lembar Kerja Siswa
3.      Menentukan judul Lembar Kerja Sisiwa
4.      Menulis Lembar Kerja Siswa
5.      Menentukan alat penilaian

H.    Struktur Lembar Kerja Siswa secara umum
·        Judul, mata pelajaran, semester, tempat
·        Petunjuk belajar
·        Kompetensi yang akan dicapai
·        Indikator
·        Informasi pendukung
·        Tugas-tugas dan langkah-langkah kerja
·        Penilaian
I.        Perbedaan Bahan Ajar dengan Buku Teks
Bahan ajar merupakan bahan atau materi pembelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam KBM. Sedangkan Buku teks merupakan sumber informasi yang disusun dengan struktur dan urutan berdasar bidang ilmu tertentu.
Bahan Ajar :
*      Menimbulkan minat baca
*      Ditulis dan dirancang untuk siswa
*      Menjelaskan tujuan instruksional
*      Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel
*      Struktur berdasarkan kebutuhan siswa dan kompetensi akhir yang akan dicapai.
*      Memberi kesempatan pada siswa untuk berlatih
*      Mengakomodasi kesulitan siswa
*      Memberikan rangkuman
*      Gaya penulisan komunikatif dan semi formal
*      Kepadatan berdasar kebutuhan siswa
*      Dikemas untuk proses instruksional
*      Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari siswa
*      Menjelaskan cara mempelajari bahan ajar.
Buku Teks :
*      Mengasumsikan minat dari pembaca
*      Ditulis untuk pembaca (guru, dosen)
*      Dirancang untuk dipasarkan secara luas
*      Belum tentu menjelaskan tujuan instruksional
*      Disusun secara linear
*      Stuktur berdasar logika bidang ilmu
*      Belum tentu memberikan latihan
*      Tidak mengantisipasi kesukaran belajar siswa
*      Belum tentu memberikan rangkuman
*      Gaya penulisan naratif tetapi tidak komunikatif
*      Sangat padat
*      Tidak memilki mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pembaca.
MODUL
A.    Pengertian Modul
Modul merupakan alat atau sarana  pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya. Modul adalah bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup isi materi, metoda, dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri. Kebahasaannya dibuat sederhana sesuai dengan level berfikir anak SMK atau input SMK. Digunakan secara mandiri, belajar sesuai dengan kecepatan masing-masing individu secara efektif dan efesien. Memiliki karakteristik stand aloneyaitu modul dikembangkan tidak tergantung pada media lain. Bersahabat dengan user atau pemakai, membantu kemudahan pemakai untuk direspon atau diakses.

B.     Tujuan Penulisan Modul
1.      Memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat  verbal.
2.      Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera, baik siswa atau peserta diklat maupun guru/instruktur.
3.      Dapat digunakan secara tepat dan bervariasi, seperti :
Ø  Meningkatkan motivasi dan gairah belajar bagi siswa atau peserta diklat;
Ø  Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berinteraksi langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya,
Ø  memungkinkan siswa atau peserta diklat belajar mandiri sesuai kemampuan dan minatnya.
Ø  Memungkinkan siswa atau peserta diklat dapat mengukur atau mengevaluasi sendiri hasil belajarnya.

C.    Karakteristik Modul
1.      Self instructional
Peserta diklat mampu membelajarkan diri sendiri, tidak tergantung pada pihak lain.
2.      Self Contained
Seluruh materi pembelajaran dari satu unit kompetensi atau sub kompetensi yang dipelajari terdapat di dalam satu modul secara utuh
3.      Stand alone
Modul manual/multimedia yang dikembangkan tidak tergantung pada media lain atau tidak harus digunakan bersama-sama dengan media lain
4.      Adaptif
Modul hendaknya memiliki daya adaptif yang tinggi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi
5.      User friendly
Modul hendaknya juga memenuhi kaidah bersahabat/akrab dengan pemakainya
6.      Konsistensi
Dalam penggunaan :
Ø  FONT
Ø  SPASI
Ø  TATA LETAK (LAYOUT)
7.      Format
Ø  Format kolom tunggal atau multi
Ø  Format kertas vertikal atau horisontal
Ø  Icon yang mudah ditangkap

D.    Kerangka Modul
1.      Halaman Sampul
2.      Halaman Francis
3.      Kata Pengantar
4.      Daftar Isi
5.      Peta Kedudukan Modul
6.      Glosarium

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking